Friday, February 19, 2016

Ramahnya Petugas Imigrasi Taiwan

Dreamland Traveller Moment




Ramahnya Petugas Imigrasi Taiwan

 

            Jika biasanya wajah petugas imigrasi itu diliputi ketegangan, keseriusan, dan muka yang menilik-nilik kesalahan orang, rupanya image yang sangat berbeda ditampilkan oleh petugas imigrasi Taiwan. Dengan senyum, sapa, dan salam, Dreamland dilayani dengan baik saat berada di imigrasi. Tidak ada pernyataan yang mengintimidasi atau mengancam, tapi paspor Dreamland langsung diperiksa dan dicap tanpa banyak babibu.
 

            Sesudah selesai, petugas imigrasi tersenyum dan mengatakan “hati-hati di jalan” saat Dreamland mendapat cap keluar dari Taiwan. Sungguh sebuah pelayanan yang sederhana, namun sangat bermakna bagi wisatawan yang akan pulang kembali ke negaranya. Wajar rasanya kalau kampanye Time for Taiwan bukan sekadar omong kosong karena memang semangat, jiwa, dan ruhnya tertanam dalam petugas imigrasi yang melayani di loket imigrasi.
 

            Coba saja dibandingkan dengan petugas imigrasi bandara Indonesia tercinta yang sangat kaku, tegang, serius, dan tidak ada basa-basi. Pokoknya serba serius seolah yang mau masuk atau keluar dari Indonesia itu orang yang bersalah atau bagaimana. Jangankan disapa, senyum saja tidak. Akibatnya citra wisatawan terhadap negara yang dikunjungi menjadi sama seperti sambutan yang diterima saat datang atau pergi dari negara tersebut.

            Semoga saja kebiasaan baik untuk melayani turis dengan ramah, menyapa “Selamat Pagi/Siang/Malam”, atau tersenyum sedikit sekalipun dilakukan, pasti kesan baik dan positif terhadap Indonesia pun bertambah. Jangan sampai pemerintah gembar gembor kampanye “Pesona Indonesia”, tapi calo, taksi gelap, dan orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan masih berkeliaran di sekitar bandara. Bukankah lebih baik memulai sesuatu yang baik dari hal kecil, ketimbang mengkampanyekan sesuatu yang besar tapi minim eksekusi di lapangan.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.