Wednesday, July 11, 2012

Day 10 : Mendalami Sejarah China

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Day 10 : Mendalami Sejarah China
Hari ini, Dreamland kembali mendapatkan liburan menarik dari panitia. Cihuy!! Kali ini kami mengunjungi kediaman Mao Zedong, pemimpin RRC pertama di provinsi Hunan. Perjalanan memakan waktu hingga 2 jam, sehingga kami tertidur dalam perjalanan di bus. Akhirnya kami pun tiba di lokasi Mao Zedong Square dan menuju lokasi kediamannya. Di lokasi ini, antrian mulai terasa padat. Sama halnya antrian wahana Dufan, semua orang seolah-olah ingin melihat seperti apa rupa kediaman pemimpin nomor satu RRC ini.
Antrian pun berlangsung selama 1 jam. Akhirnya, kami pun bisa melihat kediaman Mao Zedong dengan baik. Sayangnya tidak boleh memotret-motret didalam bangunan jadi Dreamland kehilangan sebagian dokumentasi berharga yang bisa dishare di blog ini. Hiks… Setelah puas mengunjungi monumen ini, Dreamland dan teman-teman pun menuju Mao Zedong Square di mana berdiri patung Mao Zedong dengan gagahnya. Kami berfoto grup di sini. Cheerss…


Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang khas makanan Mao Zedong. Rasanya benar-benar tidak cocok dengan lidah Dreamland, sehingga Dreamland terpaksa hanya makan nasi putih dengan sayur sekadarnya. Perjalanan pun dilanjutkan ke monumen selanjutnya, yakni Lei Feng monumen. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam. 
Matahari yang panas menyengat membuat kami kegerahan. Dengan cepat, kami memasuki monumen dan berfoto di depan patung Lei Feng. Lei Feng adalah pahlawan politik muda China yang meninggal di usia 28 tahun. Ia dikenang karena jasa-jasanya terhadap masyarakat China dan negara. Dreamland sangat salut karena pahlawan yang satu ini sangat dikagumi, dihormati, bahkan dikenang dengan sebegitu upayanya. Berbeda jauh dengan Indonesia, di mana museum terkenal menyeramkan dan menakutkan.
Kami berfoto dengan setiap momen perjuangan Lei Feng, tank baja, dan berbagai macam jenis amunisi perang yang dipamerkan. Kunjungan ini terasa bermakna karena baru kali Dreamland menemukan museum yang benar-benar menyerupai lobby hotel di China. Sangat-sangat mengagumkan. Acara hari ini pun usai diakhiri dengan makan malam dan Dreamland Traveller berjalan-jalan di sekitar hotel untuk melihat jajanan dan barang-barang setempat.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 29 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.