Thursday, July 26, 2012

Day 3 : Mengenal Johor Bahru Lebih Jauh

Dreamland Traveller
Singapore Trip (Part 2)

Day 3 : Mengenal Johor Bahru Lebih Jauh
            Selama ini, Johor Bahru identik dengan daerah perbatasan dan sangat awam untuk diketahui. Untuk itu, hari ini Dreamland memutuskan untuk melihat secara seksama apa saja yang terdapat di Johor Bahru. Pagi hari, Dreamland langsung naik taksi dari Tune Hotels menuju KSL City mall. Di mal ini, Dreamland melihat-lihat pakaian dan barang-barang, serta berbelanja sejenak di Tesco supermarket yang ada di lantai dasar.




            Setelah itu, Dreamland langsung makan siang di sekitar daerah KSL City. Di sini harga makanan sangat murah dan berbeda jauh dengan Singapura. Kisaran harganya antara RM 4 – 8. Sangat terjangkau. Setelah makan siang, Dreamland pun menuju JB Central untuk mengetahui bus-bus yang beroperasi. Dreamland pun menyempatkan diri berkeliling JB Central untuk melihat apa saja barang yang dijual di mal ini. Setelah itu, Dreamland mencari bus untuk pergi ke Danga Bay.




            Tarif bus ternyata sangat murah, yakni hanya RM 1,6. Kami cukup menyesal telah memilih taksi yang memasang tarif RM 14. Setelah menaiki bus, kami turun di halte Danga Bay dan berjalan menuju hotel. Setelah itu, Dreamland pun beristirahat dan acara hari ini pun usai. Dapat disimpulkan Johor Bahru sangat miskin tempat wisata dan hanya terdapat 5 mal besar sebagai wisata belanja orang Singapura semata saja.




            Cukup menarik mengetahui sekilas tentang daerah perbatasan Singapura – Malaysia ini.

Johor Bahru, 21 Juli 2012

Dreamland Traveller

Catatan :
- Malaysia menggunakan Ringgit Malaysia sebagai mata uang yang sah
- 1 Ringgit Malaysia setara dengan Rp 3.000,00 (kurs pada saat Dreamland melakukan perjalanan)
- Harga barang di Johor Bahru jauh lebih murah dibandingkan di Singapura. Tak heran banyak warga Singapura yang menghabiskan akhir pekan mereka di Johor Bahru untuk berwisata belanja.
- Sangat disarankan untuk menaiki bus umum karena harganya sangat murah di Johor Bahru. Terdapat lokasi yang akan dituju di setiap depan kaca bus.
- JB Central adalah mal yang berhubungan langsung dengan gedung imigrasi, sekaligus shuttle bus menuju Singapura

~ oOo ~

11 comments:

  1. rasanya kamu masih tidak tahu betul kondisi johor bahru.apa kamu tahu,johor baru itu luasnya 2300 kilometer atau lebih 16 kali lebih besar dari kuala lumpur,dan 3 kali lebih dari seluruh singapur.kalau kamu mengatakan hanya ada 5 mall di johor bahru,kamu pasti salah besar....apa itu bisa menampung 500.000 turis singapura setiap hari libur dan 1.7 juta waga bandar johor bahru..?

    ReplyDelete
  2. Semoga informasinya bermanfaat ya Didah :)

    ReplyDelete
  3. @anak johor : Terima kasih untuk inputnya. Jika Anda warga Johor Bahru yang tahu lebih banyak tentang wilayah Anda, silahkan kirimkan rekomendasi mal dan daerah wisata yang populer oleh turis Singapura ke dreamlandtraveller@gmail.com dan wilayah Anda mungkin akan Dreamland bahas di blog ini jika Dreamland berkunjung kembali ke Johor Bahru.

    ReplyDelete
  4. Owh klu turun ke JB semula someday.. boleh try ke Johor Premium Outlet pula okeh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mrs RR : Terima kasih untuk sarannya. Semoga Dreamland bisa singgah di Johor Premium Outlet saat berkunjung kembali ke Johor Bahru :)

      Delete
  5. Kalau dari kuala lumpur ke johor bahru itu naik apa ya kak? Terus biayanya berapa dan memakan waktu berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo @Jessica, dari Kuala Lumpur menuju ke Johor Bahru dapat menggunakan bus yang ada di Terminal Bersepadu Selatan. Harga tiketnya RM 31, ada juga yang lebih tergantung dari operator bus mana yang kamu pilih. Waktunya sekitar 4,5 - 5 jam perjalanan.

      Delete
  6. dari JB sentral ke danga bay naik bis nomor brp? ada jalur2 bis di johor baru g? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada penomoran dalam bus Johor Bahru. Ada jurusan Danga Bay di depan bus tersebut. Letaknya dekat JB City Square tempat busnya.

      Delete
  7. hmmm ada niat januari nantimau stay di tune hotel J. boleh tau ga klo habis naik bis dr singapore ke JB sentral terus lanjut ke tune hotelnya naik bis apa ya? atau ada ciri2nya? dtunggu infonya ya. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @indri mama satria: Ciri-cirinya terletak pada kaca depan bus yang mempunyai jurusan "Danga Bay" pada papan. Jika tidak jelas, bisa ditanyakan pada petugas yang ada dekat pangkalan bus depan mal JB Sentral. Bus akan melintasi halte yang dekat dengan Tune Hotels.com Danga Bay.

      Delete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.