Wednesday, July 11, 2012

Day 2 : Sebuah Permulaan

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Day 2 : Sebuah Permulaan
Hari kedua pun tiba. Dreamland Traveller pun bangun pagi dengan penuh semangat untuk menanti aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari ini. Setelah mandi dan berpakaian seragam yang diberikan panitia, Dreamland pun bergegas sarapan. Sarapan di belahan provinsi Hunan ternyata sangat tidak cocok dengan lidah Dreamland yang penuh cita rasa Indonesia. Rasa nasi goreng yang hambar, sayuran yang berminyak, dan kuah-kuahan yang bening menjadi penderitaan tersendiri tatkala menikmati sarapan pagi ini.
Panitia pun sudah stand by menjemput kami di lobby hotel. Kami pun segera masuk ke dalam bus yang membawa kami menuju Hunan Normal University. Di sana, kami langsung dibawa menuju aula utama untuk mendengarkan pidato pembukaan kegiatan Summer Camp dari para pejabat dan petinggi pendidikan di China. Acara tersebut juga diisi dengan pemberian kenang-kenangan dari perwakilan pelajar Indonesia wilayah Jakarta dan Bandung. 
Setelah acara pembukaan usai, kami pun dibawa kembali ke hotel untuk menikmati makan siang spesial yang telah disiapkan. Makan malam yang disediakan bersifat cia ciu atau makan meja yang berisi 10 orang. Meskipun ada beberapa jenis makanan yang tidak disukai, namun secara umum Dreamland Traveller cukup menikmati makan siang yang disajikan. Setelah makan siang usai, kami pun harus kembali ke kampus untuk mengikuti tes penempatan kelas.
Kami pun kembali ke universitas dan dibawa menuju salah satu ruang kelas untuk diberikan tes penempatan. Dreamland Traveller yang sudah 4 tahun tidak belajar bahasa Mandarin pun kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan. Akhirnya setelah 2 jam penuh kebingungan akibat amnesia bahasa Mandarin, panitia pun mengantar kami pulang ke hotel dan mengatakan bahwa acara hari ini telah usai. Kami pun diperbolehkan berjalan-jalan di sekitar hotel untuk menyaksikan pemandangan dan belanja.
Dreamland Traveller pun berjalan-jalan di sekitar hotel dan melihat-lihat mal terdekat dengan nama Tongcheng Market. Mal ini boleh dikatakan sangat besar dan komplit. Baju, supermarket, dan keperluan lainnya tersedia dengan lengkap di sini. Jika disamaratakan dengan mal di Bandung, mungkin mal ini sama seperti Bandung Trade Centre (BTC). Setelah itu, Dreamland Traveller melihat supermarket yang menjual berbagai perlengkapan dan makanan khas China.
Setelah melakukan semua rutinitas itu, akhirnya Dreamland Traveller pun kembali ke hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan esok hari. Semoga permulaan kegiatan ini akan menghantar Dreamland Traveller pada petualangan yang lebih seru dan menantang di esok hari.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 21 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.