Thursday, July 12, 2012

Day 11 : Final Study for Closing Ceremony

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Day 11 : Final Study for Closing Ceremony
            Waktu kembali berputar dan tanpa terasa sudah menghantarkan Dreamland pada akhir dari perjalanan. Hari ini, Dreamland dan teman-teman kembali ke Hunan Normal University untuk belajar terakhir kalinya. Pengajar memberikan materi menarik seputar tempat wisata yang ada di Changsha yang telah kami kunjungi. Rasanya sangat menarik mempelajari hal tersebut berhubung kami sudah mengunjungi tempat yang bersangkutan.
            Acara selanjutnya setelah makan siang seperti biasa adalah latihan barongsai untuk yang terakhir kalinya. Berhubung acara penutupan kami harus menunjukkan apa yang telah dipelajari, pengajar pun memberikan kami waktu latihan hingga 3 jam penuh tanpa istirahat. Lelah memang, namun berhubung ini adalah latihan terakhir jadi Dreamland akan memberikan yang terbaik. Jeng jeng jeng. Akhirnya, latihan pun usai dan Dreamland kembali ke hotel untuk makan malam dan beristirahat.
            Berhubung ini adalah hari terakhir sebelum pergi ke lokasi wisata utama, yaitu Zhang Jia Jie, Dreamland menyempatkan diri ke supermarket untuk berbelanja oleh-oleh makanan bagi keluarga di rumah. Setelah itu, Dreamland beristirahat dan mempersiapkan diri untuk esok hari untuk tujuan lokasi utama Summer Camp ini, yakni Zhang Jia Jie. Sangat menyenangkan dan sedih juga rasanya belajar untuk terakhir kalinya. Namun waktu terus berjalan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 30 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.