Thursday, July 12, 2012

Day 13 : Spectacular Zhang Jia Jie!

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Hari wisata utama yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Setelah sarapan pagi, kami pun diantar naik bus menuju Zhang Jia Jie National Park yang terletak hanya 5 menit dari hotel tempat kami menginap. Dengan antusias, kami langsung berbaris untuk memasuki tempat lokasi yang menjadi destinasi turis utama ketika ke China. Harga tiket Zhang Jia Jie National Park ternyata sangat-sangat mahal, yakni RMB 245. Tak hanya itu, sistem tiketnya pun menggunakan kartu dan sidik jari. Sangat-sangat modern.

Setelah memasuki pintu masuk, kami langsung diantar naik bus menuju lokasi utama. Perjalanan naik bus mendaki gunung memakan waktu kurang lebih 20 menit, kami pun berhenti di sebuah stasiun yang ada di bukit. Kemudian mengantri lagi untuk menaiki lift ke lantai 200. Antusiasme turis lokal dari daratan China sendiri tidak perlu diragukan. Antrian tour berjejer di mana-mana demi menyaksikan keindahan alam yang dimiliki Zhang Jia Jie. Padahal harga tiket masuk wisata ini sendiri tidaklah murah.

Akhirnya setelah 30 menit antrian, kami pun berhasil naik lift. Amazing! Saat lift mulai menyentuh lantai 150. Pemandangan alam yang luar biasa terbentang luas di hadapan kami. Alam begitu hebat dan bukit menjulang dengan gagahnya. Paduan kehijauan pepohonan dan terjalnya bukit menjadi sajian lezat mata kami untuk memandang setiap momen yang ada. Kami pun meneruskan perjalanan menuju bukit selanjutnya dengan bus. Dan lagi lagi semua harus dilakukan dengan antri!

Setelah menaiki bus, akhirnya kami tiba di bukit lain dengan pemandangan yang luar biasa indah. Bukit tinggi menjulang lebih jelas terlihat. Di tempat ini, kami mengabadikan sejumlah foto. Setelah puas berkeliling, akhirnya kami makan siang di tempat wisata seharga RMB 30. Sayangnya rasa makanannya sangat tidak lezat dan tidak mengenyangkan. Kami pun melanjutkan perjalanan dengan bus untuk naik gondola.

Setelah melalui perjalanan selama 40 menit menuju bukit gondola, akhirnya kami sampai juga di lokasi yang dituju. Setelah kembali mengantri, kami pun mendapat giliran naik gondola dan very very amazing! Pemandangan bukit Avatar sangat terasa di sini. Jurang terletak dan terbentang luas di bawah kami. Rasanya benar-benar mimpi bisa mengunjungi tempat lokasi wisata yang satu ini. Setelah naik gondola selama 5 menit, kami pun berkumpul kembali ke bus untuk kemudian pulang ke Changsha.

Perjalanan selama 4 jam 30 menit harus kembali kami tempuh. Sebelum pulang, kami pun makan malam di restaurant dan langsung beristirahat karena esok hari adalah hari penutupan, sekaligus hari terakhir kami ada di Changsha. Hiks hiks… sedih sekali rasanya.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 2 Juli 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih