Wednesday, July 11, 2012

Day 5 : Uji Kekuatan dan Tekad

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Hari demi hari tak terasa berlalu begitu cepat. Dreamland Traveller sudah memasuki hari kelima berada di negeri tirai bambu. Seperti biasa, rutinitas di pagi hari dilakukan sebagaimana mestinya. Dreamland pun berangkat ke kampus pada jam yang ditentukan. Kali ini, dosen yang mengajar di kelas membahas tentang makanan yang ada di Changsha. Makanan khas Changsha terkenal karena kepedasan dan bumbunya yang menusuk lidah. Sangat menarik mempelajari hal ini karena setiap makan siang dan makan malam, kami selalu disuguhi menu-menu tersebut.
            Sorenya, Dreamland dan kawan-kawan kembali berlatih barongsai bersama instruktur. Tangan Dreamland mulai terbiasa karena latihan yang rutin, sehingga tidak lagi terasa pegal. Instruktur mengajarkan beberapa gerakan baru yang sangat menarik dan menantang untuk dipelajari. Akhirnya, kami pun diantar pulang kembali ke hotel untuk makan malam.
            Sehabis makan malam, di sinilah letak keistimewaan hari ini. Kami menguji kekuatan dan tekad untuk mendaki bukit yang ada di kota Changsha ini. Sambil mengobrol dan ketawa, tak terasa kami sudah menempuh perjalanan selama 2 jam penuh non stop mendaki bukit yang panjangnya mencapai 8 km! Kami bisa menikmati pemandangan kota yang indah di malam hari. Sangat sangat sebanding dengan tenaga yang harus kami keluarkan. Di atas bukit ini juga terdapat mercusuar yang sangat indah.
            Pulangnya, kami berencana menaiki kendaraan yang ada. Sayangnya jam operasi kendaraan itu sudah tutup pada pukul 21.30, sementara kami baru sampai puncak pada pukul 22.00. Akhirnya kami pun harus menuruni bukit kembali dengan kedua kaki yang sudah mati rasa dan tiba di kota pada pukul 23.50. Kami pun langsung kembali ke hotel dan tak lupa membeli terlebih dahulu camilan karena perut yang keroncongan, yakni McDonald.
            Dreamland pun tidur dengan nyenyak karena hari yang sangat melelahkan dan berharap kegiatan esok hari menjadi kenangan yang tak terlupakan seperti hari.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 24 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih