Thursday, July 12, 2012

Day 14 : Akhir yang Mengharukan

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Kembali ke Changsha. Akhirnya, ini adalah hari terakhir kami berada di kota Changsha, Hunan, China sebelum esok dini hari harus bertolak ke bandara untuk pulang ke Jakarta melalui Guangzhou. Pagi hari, kami mendapat kebebasan untuk bangun siang karena acara penutupan baru berlangsung pukul 15.00. Dreamland merenungkan apa saja yang sudah dialami selama 13 hari perjalanan di Changsha yang sangat menyenangkan.

Setelah makan siang terakhir, akhirnya kami pun menuju acara puncak Summer Camp ini, yakni penutupan yang dilaksanakan di ruang serba guna Dolton Lushan Hotel. Kami pun duduk menempati kursi yang telah disediakan. Acara penutupan ini diisi dengan penampilan yang telah kami persiapkan pada minggu sebelumnya, yakni wushu, barongsai, dance, dan lain sebagainya. Semua ditampilkan untuk menunjukkan kemahiran dalam mempelajari kebudayaan China.

Penutupan juga diisi dengan nyanyian, juga acara peluk haru antara guru pengajar dan kami semua. Airmata tak kuasa tertahan dari mata kami karena hari ini ternyata hari terakhir kami berada dan berpetualang di Changsha. Setelah semua rangkaian acara tersebut usai, kami pun diajak makan malam spesial terakhir dengan menu yang lezat. Kami juga diajak untuk toast dengan para pengajar yang ada.

Setelah usai, Dreamland Traveller pun berjalan kaki singkat ke sekitar hotel dan mendalami setiap sudut dan kenangan yang tergores selama di Changsha. Meskipun awalnya Dreamland merasa 14 hari adalah waktu yang lama, nyatanya semua terasa singkat. Serasa baru kemarin menjejakkan kaki di Changsha dan kini sudah saatnya pulang meninggalkan kota ini. Malam pun Dreamland tertidur dan berharap agar tidak cepat terbangun dalam mimpi untuk pulang kembali ke Indonesia.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 3 Juli 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih