Wednesday, July 11, 2012

Day 8 : Time for Holiday

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Akhirnya setelah menjalani 7 hari dengan aktivitas belajar, tiba saatnya Dreamland Traveller dan teman-teman bernafas lega karena tiba saatnya untuk liburan. Kali ini, Dreamland Traveller akan mengunjungi sebuah taman terkemuka yang ada di luar kota Changsha. Perjalanan pun dimulai setelah sarapan di hotel. Kami naik ke bus dan akan menempuh perjalanan selama 2 jam menuju tempat wisata yang satu ini.
Sebelum memasuki tempat wisata, kami pun makan siang terlebih dahulu. Sebuah kejutan diterima salah satu seorang rekan Dreamland Traveller yang kebetulan berulang tahun ke-17 pada hari tersebut. Astrid, rekan Dreamland mendapat hadiah kue ulang tahun yang sangat lezat dari panitia. Benar-benar momen langka merayakan ulang tahun bersama teman-teman baru di negara lain.
Setelah makan siang, kami pun menuju tempat wisata yang satu ini. Matahari begitu panas menyengat, namun tidak menghentikan niat kami untuk berwisata. Kami pun masuk ke tempat wisata dan terkagum dengan penataan taman yang luar biasa. Bangunan yang tampak seperti tempat peristirahatan musim panas ini memiliki arsitektur yang sangat memukau dan miniatur yang ada didalamnya terkesan sangat riil.
Aliran sungai dan desain jembatan membuat tempat wisata ini sangat teduh dan nyaman. Pemandangan yang indah ini rasanya sangat terbayar, meskipun kami harus berjibaku dengan matahari yang panas menyengat di kepala. Di tempat wisata ini, kami mempelajari begitu banyak arsitektur kuno dan kebudayaan yang sangat antik. Beberapa rekan Dreamland memutuskan untuk membeli sejumlah oleh-oleh di sini.
Setelah mengunjungi tempat wisata, kami pun diperkenankan berbelanja di sepanjang jalan yang ada di sekitar objek wisata. Harga barangnya bervariasi. Tentu di kumpulan pertokoan seperti ini, kita harus bisa menawar akan mendapatkan barang dengan harga yang diinginkan. Banyak teman Dreamland Traveller yang mendapatkan harga yang mahal karena kurangnya kemampuan menawar yang dimiliki. Setelah puas berbelanja, bus mengantar kami kembali pulang ke hotel.
Sebelumnya kami singgah terlebih dahulu untuk menyantap makan malam di sebuah restoran terkemuka di Changsha. Kami pun langsung beristirahat ke hotel karena badan yang sangat lelah akibat perjalanan panjang. Satu hal yang pasti, liburan di hari pertama ini sangat menyenangkan dan menjernihkan pikiran setelah 7 hari belajar.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 27 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih