Thursday, July 12, 2012

Day 15 : Good Bye Changsha and Welcome Back Jakarta!

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Tiba saatnya untuk pulang kembali ke Indonesia. Pukul 04.00, kami harus berkumpul di lobby untuk mengumpulkan kunci kamar. Semua koper sudah disiapkan dan siap dibawa. Kami pun langsung naik ke bus untuk diantar ke bandara yang berjarak dari hotel sekitar 40 menit. Setibanya di bandara, kami langsung check-in bagasi ke counter China Southern. Antrian terasa begitu panjang, padahal jam baru menunjukkan pukul 05.00.

Setelah itu, kami langsung beranjak menuju imigrasi dan pengecekan badan. Dengan cepat, kami melangkah masuk ke ruang tunggu karena pesawat kami terbang ke Guangzhou pada pukul 07.50. Akhirnya, kami pun terbang meninggalkan Changsha dengan sejuta kenangan didalamnya. Entah kapan Dreamland bisa ke Changsha lagi. Semoga suatu saat, Dreamland dan keluarga bisa berwisata ke tempat liburan yang ada di Changsha.

Selanjutnya, kami tiba di bandara Guangzhou pada pukul 09.15. Di bandara ini, kami harus menunggu selama kurang lebih 8 jam untuk penerbangan ke Jakarta. Waktu yang sangat lama membuat kami bisa makan, berjalan-jalan, dan tidur. Semua aktivitas kami lakukan untuk membunuh waktu. Akhirnya setelah semua penderitaan menunggu kami lewati, pukul 17.10, kami pun langsung terbang ke Jakarta.

Bencana selanjutnya pun terjadi. Pesawat China Southern kami harus mengalami delay yang cukup panjang. Sangat-sangat membosankan harus menunggu selama 1 jam. Akhirnya, pesawat lepas landas dan 4 jam 15 menit pun terasa membosankan hingga akhirnya tiba di tanah air. Indonesia, I’m coming after 14 days! Kami pun melewati imigrasi dan akhirnya mengemasi setiap bagasi. Terakhir, kami menunggu bus yang mengantar kami kembali ke Bandung pada pukul 23.00 WIB.
            Pukul 02.00 WIB, kami pun tiba di Sekolah Bintang Mulia. Orang tua kami sudah menunggu dengan penuh sukacita. Kami pun pulang kembali ke rumah masing-masing dengan berjuta kenangan yang telah diukir selama di Changsha. Nantikan terus petualangan Dreamland Traveller di masa mendatang ya!

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 4 Juli 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih