Wednesday, July 11, 2012

Day 7 : Saatnya Menunjukkan Budaya Indonesia

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Day 7 : Saatnya Menunjukkan Budaya Indonesia
Putaran waktu yang begitu cepat akhirnya menibakan Dreamland Traveller di hari ketujuh. Dengan rutinitas pagi hari seperti biasa, kali ini Dreamland Traveller akan mempelajari kebudayaan China yang berbeda. Apalagi kalau bukan seni tali temali China. Seni ini sangat berkembang dan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat China. Mereka bisa menjual setiap kreativitas yang dihasilkan dari tali temali dengan harga tinggi dan modal yang rendah.
Wajar jika hal itu bisa dilakukan karena mempelajari seni tali temali ini adalah hal yang sangat sangat sulit. Kita harus mengikuti setiap tahap yang diperagakan pengajar dengan baik. Jika tidak, kita akan ketinggalan dan akhirnya bingung harus melakukan tahap yang mana. Pengajar yang memperagakan seni tali temali ini pun harus dengan sabar mengajari kami satu persatu karena ilmu ini sangat sulit untuk dipelajari.
Setelah pelajaran tali temali ini usai, kami pun makan siang. Setelah itu, kami diminta naik bus menuju salah satu SMP yang ada di Changsha. Dengan memakan perjalanan kurang lebih 20 menit, kami pun tiba di SMP yang dimaksud. SMP yang ada di Changsha sangat besar dan megah. Dengan halaman dan bangunan yang sangat luas, Dreamland sampai dibuat takjub dengan SMP sebesar ini. Satu angkatan SMP bahkan memuat 26 kelas yang terdiri dari 60 siswa tiap kelasnya. Glek!
Di SMP ini, kami perwakilan dari Indonesia berkesempatan memperagakan seni budaya Indonesia. Dengan menyanyikan lagu daerah, kami menunjukkan kekayaan etnik Indonesia. Mereka pun tak ketinggalan mempertunjukkan kebolehan dan keunggulan SMP mereka. Kunjungan yang sangat seru dan menarik untuk dimaknai. Acara ini pun diisi dengan games untuk meningkatkan kebersamaan dan foto bersama.
Akhirnya, kami pun kembali ke hotel untuk makan malam. Setelah itu, Dreamland memutuskan untuk berjalan-jalan ke jalan pedestrian yang pernah dikunjungi. Kali ini, Dreamland berbelanja sejumlah oleh-oleh. Namun hujan deras yang turun cukup mengganggu aktivitas kami. Akhirnya setelah puas berjalan-jalan, kami pun pulang kembali ke hotel dengan bus. Aktivitas hari ini sangat menyenangkan karena kesempatan untuk membawa harum Indonesia bisa kami tunjukkan dan buktikan.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 26 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.