Wednesday, July 11, 2012

Day 3 : It’s Time To Try Something New

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Akhirnya, hari ketiga pun tiba dengan cepat. Kali ini, Dreamland Traveller akan memulai pelajaran di Hunan Normal University. Hasil penempatan kelas kemarin ternyata sudah keluar dan Dreamland Traveller masuk ke kelas B yang notabene kelas pemula. Hehe… seperti dugaan awal. Dreamland Traveller pun diajarkan beberapa kosakata China yang diucapkan berulang-ulang dengan tanda nada yang benar. Selain itu, Dreamland Traveller pun diajak menyanyi bersama lagu-lagu Mandarin bersama pengajar yang ada.
Jam 12 siang pun tiba, kami pun makan siang di kampus dengan makanan sekadarnya. Makanan yang disajikan cukup lezat, hanya saja begitu banyak minyak menggenang dan rasanya masih sedikit hambar. Setelah makan siang, kami pun diajak mengikuti kegiatan baru yang sangat menantang bagi saya, yakni Wushu. Seni bela diri China ini akan kami pelajari di arena olahraga kampus Hunan Normal University.
Kami pun dibawa naik bus menuju arena olahraga Hunan Normal University. Di sana, kami dibawa ke sebuah ruangan biru yang menjadi tempat latihan Wushu. Sarana dan prasarana olahraga universitas yang satu ini sangat luas dan megah. Jika dibandingkan dengan universitas di Indonesia rasanya kita patut berbenah pada penyediaan fasilitas seperti di China.
Setelah melakukan pemanasan, kami pun diajarkan beberapa gerakan dasar Wushu. Sebagai pemula, badan terkilir dan encok menjadi derita kami akibat otot yang jarang digerakkan di rumah. Gerakan Wushu ini cukup sulit, namun setelah berkali-kali melakukan gerakan yang sama, kami dapat menguasai sejumlah gerakan dengan baik. Latihan hari itu pun usai dan kami kembali ke hotel untuk beristirahat dan makan malam.
Makan malam pun seperti biasa disajikan dengan spesial. Setelah menikmati makan malam, kami pun beranjak untuk berjalan-jalan ke mal. Kali ini, Dreamland Traveller mengunjungi pusat pembelanjaan Baleno yang terletak tak jauh dari hotel. Harga pakaian yang ditawarkan cukup terjangkau dan Dreamland Traveller pun membeli beberapa potong pakaian untuk dijadikan oleh-oleh. Hehe…
Hari ketiga pun berakhir dan Dreamland Traveller merasa sangat senang karena bisa mencoba sesuatu yang baru. Semoga aktivitas di hari selanjutnya jauh lebih menantang dan memberi wawasan baru bagi Dreamland Traveller.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 22 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih