Wednesday, July 11, 2012

Day 4 : Learning by Doing

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Day 4 : Learning by Doing
Hari keempat pun tiba dengan cepat. Seperti biasa, Dreamland Traveller harus berkumpul pukul 08.00 waktu China untuk bersiap-siap menuju ke kampus. Dengan rutinitas mandi dan menu sarapan yang sama, Dreamland pun berangkat dengan seragam menuju Hunan Normal University yang berjarak sekitar 10 menit dari hotel. Hari ini, Dreamland Traveller kembali diajarkan kosakata China baru, juga bernyanyi bahasa Mandarin bersama.
Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang di kampus. Setelah itu, Dreamland Traveller menemukan aktivitas menarik, yakni belajar bermain barongsai. Dengan gerakan dan liukan yang luwes, bermain barongsai ternyata tidak semudah yang dilihat. Dreamland harus berlatih agar tangan dan kaki bergerak seirama dan tidak cepat pegal. Ternyata bermain barongsai sangat-sangat melelahkan, terutama yang bermain di bagian kepala naganya.
Tak terasa jam pun bergerak begitu cepat. Kami pun mengakhiri latihan untuk kemudian makan malam di hotel. Makan malam hari ini boleh dikatakan spesial karena China kebetulan sekali sedang merayakan Hari Raya Bacang (Peh Chun) yang jatuh pada 23 Juni. Perayaan di negara asalnya terasa sangat meriah dengan pesta kembang api dan perayaan khusus. Hal ini terlihat dari suasana di jalan dan kerumunan orang yang menyaksikan ledakan kembang api.
Setelah itu, Dreamland memutuskan untuk mengunjungi sebuah jalan pedestrian yang memiliki banyak toko. Begitu banyak pertokoan dan rumah makan yang ada di jalan pedestrian ini. Jalan pedestrian ini ditempuh kurang lebih 10 menit dengan menggunakan transportasi bus. Harga transportasi bus boleh dikatakan cukup terjangkau, yakni RMB 2 sekali naik.
Setelah puas berkeliling, akhirnya Dreamland dan teman-teman kembali ke hotel untuk beristirahat. Senang rasanya bisa mengenal budaya baru dan kehidupan masyarakat di luar Indonesia dengan segala intriknya. Dreamland sangat terkesan terutama dengan pelajaran barongsai hari ini, di mana learning by doing sangat bermanfaat untuk dapat menguasai seni ini. Semoga esok hari jauh lebih baik dan menyenangkan dibandingkan hari ini ya.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 23 Juni 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.