Thursday, July 12, 2012

Day 12 : Keajaiban Dalam Keheningan Gua

Dreamland Traveller
China Study Tour Summer Camp 2012

Finally, hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Kali ini, Dreamland Traveller akan mengunjungi objek wisata utama di provinsi Hunan. Apalagi kalau bukan lokasi Zhang Jia Jie. Dreamland harus bangun lebih pagi karena perjalanan ke lokasi wisata ternama ini membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam 30 menit dengan bus. Berhubung keberangkatan bus harus dilakukan subuh, jadi banyak peserta (termasuk Dreamland Traveller) yang tertidur sepanjang perjalanan di bus.

Sepanjang perjalanan, Dreamland melewati berbagai bukit dan pemandangan pedesaan yang indah. Rasanya pemandangan ini seperti memandang Kota Bandung 10 tahun yang masih asri oleh sawah dan pepohonan. Akhirnya, di tengah perjalanan, kami semua makan siang dan melanjutkan kembali perjalanan. Kira-kira pukul 01.00 waktu China, kami tiba di objek wisata, yakni Gua Naga Kuning.

Objek wisata ini terletak di dekat bukit-bukit yang sangat indah. Arsitektur dan penataan taman sebelum Gua Naga Kuning juga patut diacungi jempol. Rasanya seperti berada dalam pedesaan yang begitu tentram dan terawat abadi. Dreamland dan rombongan langsung bergegas menuju Gua Naga Kuning setelah melewati turbin kincir air, jembatan, dan tanaman-tanaman yang asri.

Gua Naga Kuning ini sendiri termasuk salah satu wisata unggulan di provinsi Hunan dan harga tiket masuknya tidak main-main, yakni RMB 80. Begitu masuk ke dalam gua, akan terasa hawa dingin yang menyejukkan kurang lebih 18 derajat Celcius. Udara hawa panas bagian luar gua terasa sangat kontras perbedaannya dengan Gua Naga Kuning ini. Di dalam gua, terdapat begitu banyak stalagtit menarik yang diberi efek cahaya. Kita harus menginterpretasikan bentuk dari setiap stalagtit yang ada.

Perjalanan di objek wisata ini memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan jalan kaki. Dreamland juga sempat menaiki perahu air dalam objek wisata dan melihat begitu hebatnya China mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang mereka miliki. Padahal Indonesia jauh memiliki keajaiban alam serupa, hanya saja terlalu malas atau bahkan anggarannya dikorupsi dalam rangka revitalisasi objek wisata yang ada.

Setelah puas berkunjung ke Gua Naga Kuning, kami diantar menuju hotel di lokasi Zhang Jia Jie. Setelah melakukan check-in, kami bersiap untuk mandi dan makan malam di restautant. Setelah itu, kami diajak untuk menyaksikan pertunjukan kolosal yang sangat megah di Zhang Jia Jie. Gedung pertunjukan ini berjarak 10 menit dari hotel tempat kami menginap dengan bus. Arsitektur gedung yang megah dan properti yang mewah membuat decak kagum siapa saja yang melihatnya.

Pertunjukan ini boleh dikatakan sangat-sangat mahal, yakni RMB 228. Dalam rombongan, untungnya kami mendapat potongan harga menjadi RMB 128. Show pun dimulai tepat pukul 19.00. Pertunjukan demi pertunjukan terlihat sangat nyata dan mengesankan. China memang sangat berbakat dalam mengelola Sumber Daya Manusianya menjadi sebuah sajian tontonan turis yang menghibur dan memanjakan mata.

Setelah menonton show selama kurang lebih 2 jam, Dreamland dan kawan-kawan pun kembali ke hotel untuk beristirahat. Dreamland harus beristirahat cepat karena esok hari kami akan berjalan di tempat lokasi shooting Avatar. Apalagi kalau bukan Zhang Jia Jie National Park. Rasanya tak sabar menantikan esok hari segera datang.

Changsha, Hunan, China

Dreamland Traveller, 1 Juli 2012

Catatan:
- Republik Rakyat China menggunakan Renmimbi (RMB) atau China Yuan (CNY) sebagai mata uang yang sah
- Nilai 1 RMB setara dengan Rp 1.500,00 (kurs pada waktu Dreamland Traveller melakukan perjalanan)
- Masyarakat China menggunakan bahasa Mandarin dengan logat daerah khas setiap daerahnya sebagai bahasa percakapan
- Sangat jarang sekali menemukan orang China yang bisa berbahasa Inggris dengan baik
- Kebersihan toilet di China sangat memprihatinkan, khususnya kloset duduk karena masih tertinggal kotoran manusia yang tidak disiram dengan bersih