Sunday, December 16, 2012

Day 12 : Ordinary Place With Extraordinary Spirit

Dreamland Traveller


Day 12 : Ordinary Place With Extraordinary Spirit
            Tak terasa KEM 2012 sudah memasuki hari yang kedua belas. Kali ini, Dreamland akan melakukan kunjungan ke Sanggar Anak Akar. Dengan menggunakan taksi, Dreamland dan teman-teman langsung menuju ke lokasi. Setibanya di sana, Dreamland menyaksikan sebuah pemandangan baru yang belum pernah Dreamland bayangkan. Tempat ini begitu sederhana, namun kehidupan didalamnya begitu menginspirasi.

            Dreamland menjelajahi setiap tempat yang ada di Sanggar Anak Akar dengan penuh semangat. Terdapat banyak ruangan di sini, mulai dari studio musik, ruangan komputer, hingga tempat tidur massal. Setiap orang di sini terlibat aktif dalam mengembangkan sekolah otonom. Sanggar Anak Akar berupaya menampung anak jalanan untuk dapat menempuh pendidikan. Mereka juga dapat memiliki ijazah dengan mendaftar ujian keseteraan dari pemerintah.

            Acara pun dimulai beberapa puluh menit kemudian. Dreamland mendengarkan pemaparan dari pemilik Sanggar Anak Akar. Setiap anak yang tergabung dalam Sanggar Akar dilatih untuk mempunyai keterampilan dan mengembangkan bakat yang mereka miliki. Salah satu alumni Sanggar Akar pun bercerita bahwa Sanggar Akar membuat harapannya terus tumbuh. Tidak sebagai anak jalanan, tetapi sebagai anak bangsa yang layak mendapatkan pendidikan.

            Di sini Dreamland dan kelompok mengajak anak-anak Sanggar Akar bermain tepuk Filipina. Dreamland juga diajak mengunjungi setiap ruangan yang ada dan dijelaskan fungsi-fungsinya. Sangat menarik mengunjungi tempat yang penuh semangat dengan nama Sanggar Anak Akar ini. Mereka juga sempat menunjukkan kebolehan mereka bermain musik dihadapan kami semua. Kami pun beranjak pulang dengan sejuta rasa.

            Insiden yang cukup mengecewakan pun terjadi tatkala Dreamland dalam perjalanan pulang. Kepala Dreamland terantuk dahan pohon dan menyebabkan luka yang cukup serius di dahi. Selain itu, Dreamland pun tertipu atau salah memilih taksi. Taksi yang membawa Dreamland ternyata menjerumuskan ke jalur yang salah dan menyebabkan argo meningkat hingga 150.000 rupiah. Sudah jatuh, tertimpa tangga pula, pengalaman yang Dreamland alami hari ini.

            Sebelum memasuki hari proyek, panitia pun ternyata memberikan relaksasi dengan mengajak kami semua berpesta ke Planet Hollywood. Tentu kesempatan ini tidak Dreamland lewatkan begitu saja. Dengan taksi, Dreamland menempuh perjalanan menuju lokasi acara dengan penuh semangat. Akhirnya, taksi pun tiba di Planet Hollywood. Suasana kafe dengan musik pun langsung Dreamland rasakan tatkala memasuki ruangan.

            Dreamland memesan Chicken Cordon Bleu dan Ice Lemon Tea yang ditraktir oleh panitia. Harganya fantastis, yakni mencapai 100.000 rupiah untuk kedua menu itu saja. Pemandangan menyebalkan yang Dreamland temui di Planet Hollywood adalah ada seseorang yang memberikan uang 500.000 rupiah agar dapat menyanyikan lagu pesanannya. Benar-benar menunjukkan rasa tidak menghargai uang yang ada.
            Suasana malam yang membuat Dreamland tidak nyaman menikmati musik membuat Dreamland ingin kembali ke LPMP untuk beristirahat. Akhirnya Dreamland pun kembali dan memutuskan untuk langsung beristirahat. Melelahkan memang hari ini, namun Dreamland selalu berusaha melihat segala hal yang terjadi dari kacamata positif.
            Semoga esok hari memberikan Dreamland tantangan baru yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Jakarta, 1 Desember 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.