Sunday, December 16, 2012

Day 15 : Hari yang Menentukan!

Dreamland Traveller


Day 15 : Hari yang Menentukan!
            Akhirnya, hari penentuan presentasi kelompok pun tiba. Tiba saatnya kami mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi semua kemungkinan yang terjadi. Kebetulan kami mendapat giliran kelompok pembahas pertama untuk menganalisis makalah kelompok Azhar yang mendapatkan giliran pertama untuk kelompok penyaji. Kami semua tampak gugup, berusaha tenang, dan berdoa agar kami dilancarkan dalam semua hal.
            Kami pun memasuki ruangan dengan gugup. Di depan kami berdiri 6 juri yang kompeten di bidangnya, mulai dari Jaleswari P., LR Baskoro, Caecilia, Mardiyah, Purwanto, dan Ign. Haryanto. Kami duduk di tempat yang telah ditentukan berhadapan dengan kelompok penyaji. Suasana yang ada menjadi semakin tegang karena dinginnya AC yang menembus kulit kami.
            Kelompok Azhar pun mempresentasikan proposal mereka yang menduplikasi program KEM 2012. Kami pun melakukan pembahasan secara komprehensif dan juri pun memberikan pertanyaan lanjutan. Setelah itu, kami diminta keluar dan menunggu giliran untuk presentasi.
            Detik demi detik terasa mencekam tatkala kami menunggu giliran untuk memaparkan ide proposal kami di hadapan dewan juri. Akhirnya saat itu tiba juga dan kami mulai memberanikan diri untuk percaya diri di depan dewan juri. Kami mulai menjelaskan apa itu Desa Wisata dan potensi yang dimilikinya. Ternyata proposal ini mengundang kontra dari para juri. Idenya dianggap tidak realistis dan membuat harapan kelompok kami pupus untuk memenangkan proyek ini.
            Selepas dari ruang presentasi, Michell dan Adit tampak frustrasi dan sedih. Hal ini yang membuat Dreamland bertambah pusing karena harus mengembalikan mental tim yang down setelah kalah berperang. Selain itu, Dreamland juga memang harus mulai mengubur harapan menjadi yang terbaik di KEM 2012. Padahal harapan untuk menjadi yang terbaik itu sudah ada sebelum presentasi, namun harus hanyut juga karena ketidaksempurnaan yang terjadi dan tidak diharapkan.
            Setelah acara pemulihan jiwa dilakukan, kami pun dipanggil kembali setelah semua tim sudah mempresentasikan proposalnya. Dewan juri mengaku bangga dan mengacungkan jempol untuk semua ide yang sudah diberikan. Setelah itu diadakan diskusi tertutup untuk menentukan siapa yang terbaik di KEM 2012.
            Malamnya, kami akan melakukan penutupan acara Kemah Menjadi Indonesia 2012 yang diselenggarakan Tempo Institute. Kami diberikan dinamika yang membuat kami mengeluarkan airmata dan mengikrarkan janji tentang Menjadi Indonesia. Dengan nyala lilin temaram, kami mengungkapkan alasan mengapa ingin Menjadi Indonesia? Semua dinamika itu berakhir dengan pelukan hangat dari semua peserta dan panitia karena acara yang kami ikuti selama 2 minggu ini akan segera berakhir.
            Kami pun beristirahat dan bersiap untuk semua kenyataan yang terjadi besok di hari Awarding Day.

Jakarta, 4 Desember 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.