Sunday, December 16, 2012

Day 16 : Malam Anugerah Menjadi Indonesia

Dreamland Traveller


Day 16 : Malam Anugerah Menjadi Indonesia
            Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu, apalagi kalau bukan malam penyerahan hadiah dan penentuan menang Kompetisi Esai Mahasiswa 2012 “Menjadi Indonesia”. Pagi hari, kami diberikan waktu bebas untuk berjalan-jalan. Dreamland dan teman-teman memutuskan pergi ke daerah Depok. Kami berjalan-jalan di mal. Para wanita segera  berburu barang untuk properti malam anugerah nanti. Sementara kami para lelaki beranjak ke Gramedia untuk membeli sejumlah buku.

            Kami menikmati waktu-waktu terakhir kebersamaan kami dengan main dan makan bersama. Setelah waktu menunjukkan pukul 01.30 WIB, kami segera kembali ke LPMP untuk mandi dan bersiap-siap menuju lokasi acara penganugerahan di JW Marriot. Dengan menggunakan bus, kami segera menuju lokasi acara. Beberapa dari kami ada yang kelelahan dan tertidur, sebagian menghabiskan waktunya dengan bercakap-cakap.
            Akhirnya, kami tiba juga di JW Marriot. Dengan prosedur pengamanan yang sangat ketat, akhirnya kami masuk ke lokasi acara dan menunggu di wilayah lobby aula acara Menjadi Indonesia. Kami langsung mengambil foto-foto di tempat ini sebagai kenang-kenangan. Dreamland berburu foto Gol A Gong dan Tias Tatanka yang kebetulan sudah datang sebelum waktu yang ditentukan. Kemudian Dreamland juga berfoto dengan Christine Hakim. Sungguh sebuah kebanggaan bisa bertemu orang-orang hebat seperti mereka.

            Acara pun dimulai dengan makan malam yang lezat dari JW Marriot. Kemudian, kami pun diminta masuk ke lokasi acara secara bersamaan. Kami duduk di tempat khusus yang telah ditentukan panitia. Acara pun dimulai dengan rangkaian prolog yang dibuka oleh dialog Christine Hakim. Kemudian juga ada tarian etnik Bali, serta akhirnya acara yang ditunggu-tunggu: Pengumuman Pemenang!
            Bu Mardiyah Chamim selaku ketua panitia pun mengumumkan nama-nama pemenang yang berhasil unggul dalam KEM 2012. Adapun nama pemenang yang pertama kali disebutkan adalah Juara 3, Juara 2, dan Juara 1. Dreamland sempat berharap akan dipanggil, namun hal itu tidak pernah terjadi. Dreamland agak terkejut melihat juara-juara yang bermunculan adalah orang-orang yang tidak Dreamland curigai sebagai kompetitor terhandal. Hasil yang sangat mengejutkan!
            Esai juara pertama pun dibacakan Happy Salma yang membahas tentang Seandainya Aku Menjadi Menteri Pendidikan. Pengalaman pertukaran pelajar selama 3 bulan yang pernah dialami Gea di Italia memberinya ilham untuk mengubah paradigma pendidikan Indonesia yang selama ini berorientasi pada angka statistik kelulusan. Sangat inspiratif dan layak menang memang!
            Setelah semua rangkaian acara Menjadi Indonesia usai, kami pun berfoto bersama untuk terakhir kalinya. Dreamland mendapat informasi bahwa Dreamland berada di posisi ke-5. Posisi yang sangat dekat dengan tangga juara. Dreamland memang harus menerima bahwa keberuntungan lagi-lagi tidak berpihak pada Dreamland dalam KEM 2012 ini. Tapi mental pemenang akan selalu ada dan bersemayam dalam hati Dreamland.
            Kami pun pulang dengan sejuta rasa. Kemacetan dan padatnya lalu lintas membuat kami terhenti cukup lama sebelum akhirnya tiba kembali di LPMP.
            Di LPMP, panitia berbagi cerita dan pengalaman tentang proses di balik KEM 2012 ini. Kami berbincang hingga pukul 4 pagi dan mendapat kudapan Mc Donald. Sedih memang karena ini adalah momen terakhir bertemu dan kami akan kembali ke kenyataan setelah 2 minggu bersama.
            Semoga Dreamland dapat berbuat lebih baik di lingkungan sepulang dari KEM 2012!

Jakarta, 5 Desember 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.