Sunday, December 16, 2012

Day 8 : Berguru Pada Alam

Dreamland Traveller

Sedih rasanya hari ini harus pergi meninggalkan Wisma Tempo Sirnagalih yang sudah menjadi tempat menginap kami selama seminggu. Namun hidup harus terus berjalan. Setelah sarapan pagi dan berfoto bersama, kami pun menaiki bus yang telah disiapkan panitia menuju destinasi selanjutnya, yakni Villa Hutan Jati. Perjalanan yang jauh dan kemacetan yang menggila membuat kami terlelap dalam perjalanan.

Kami pun akhirnya tiba di Villa Hutan Jati pada siang hari. Segera kami langsung disuguhi makan siang setelah melalui trek lumpur yang cukup licin. Hujan deras pun ternyata mengguyur kami di Villa Hutan Jati dan membuat kami mengantuk. Kami pun harus mengikuti sesi selanjutnya, yakni “Mengenal Villa Hutan Jati” dan “Gerakan Hijau dan Social Entrepreneurship” dari FX Budi Krisnawan.

Pemaparan yang panjang dan membingungkan akhirnya membuat sebagian besar dari kami mulai terlelap. Akhirnya setelah sesi Pak Budi berakhir, kami dapat mengunjungi Villa Hutan Jati secara menyeluruh. Kami dibawa menuju lahan perkebunan, mengamati proses pembuat kompos, dan yang paling menarik menaiki traktor. Seram juga rasanya Dreamland harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menaiki traktor. Traktor yang Dreamland tumpangi apalagi hampir terguling.

Setelah menjelajahi Villa Hutan Jati yang berlumpur, kami pun kembali ke penginapan dengan kaki yang belepotan lumpur. Malamnya, kami mendapat sesi pengganti dari A’ak Abdullah Al-Kudus tentang bagaimana menjaga Gunung Lemongan. Dengan prinsip keteladanan yang ditularkan, beliau berhasil menjaring Laskar Hijau untuk terlibat aktif dalam menanam pohon di Gunung Lemongan. Senang rasanya mendapatkan suntikan motivasi baru untuk melakukan sesuatu bagi lingkungan di sekitar kita.

Hari yang semakin larut menuntut kami untuk beristirahat. Kami pun beristirahat secara massal dan menanti hari esok yang penuh dengan tantangan baru.

Jakarta, 27 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.