Sunday, December 16, 2012

Day 9 : Menikmati Garuda Indonesia Experience

Dreamland Traveller


Day 9 : Menikmati Garuda Indonesia Experience
            Bagian kedua KEM 2012 berupa kunjungan demi kunjungan pun menarik minat Dreamland untuk menggali informasi lebih banyak terhadap tempat yang dikunjungi. Kali ini, kami akan beralih dari Villa Hutan Jati menuju Garuda Indonesia Training Centre. Sayangnya terdapat insiden yang cukup menghambat, yakni terdapat truk terguling di perjalanan kami menuju bus yang akan mengantar kami ke destinasi berikutnya.
            Dengan mobil bak terbuka, kami menelusuri jalan yang macet total. Sangat seru rasanya mengalami pengalaman naik mobil bak terbuka ini. Setelah puluhan menit di jalan sempit tersebut, akhirnya kami pun tiba di bus yang akan membawa kami ke Garuda. Rasa lelah dan kantuk akibat kurang tidur membuat kami tertidur di bus. Perjalanan pun memakan waktu yang cukup lama karena kemacetan Jakarta.
            Akhirnya, kami pun tiba di Garuda Indonesia Training Centre. Kami diterima dengan baik oleh salah satu petugas Garuda Indonesia yang ada. Beliau memaparkan sejarah Garuda Indonesia, ekspansi yang telah dilakukan, serta keunggulan Garuda Indonesia dalam bisnis penerbangan. Kami pun dibawa menuju replika Garuda Indonesia yang ada. Kami duduk dan diberikan pemaparan tentang pelayanan yang diberikan.
            Kami pun berpose seolah kami berada dalam perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Senang rasanya mengalami Garuda Indonesia experience, meskipun hanya menaiki replikanya saja. Kejutan lain menunggu kami. Kami pun diminta mencoba prosedur menyelamatkan diri dengan berseluncur di seluncuran yang telah disediakan. Menyenangkan sekali!
            Kemudian kami juga berkesempatan menyaksikan para pramugari cantik yang berenang menyelamatkan diri saat situasi darurat. Melihat mereka mengembangkan rakit untuk menyelamatkan diri di tengah badai dan hujan deras adalah sebuah pengalaman baru yang Dreamland belum pernah lihat sebelumnya. Senang rasanya melihat para pramugari dengan lincah menyelamatkan diri. Ternyata tidak hanya cantik yang dibutuhkan menjadi seorang pramugari, tetapi juga kecekatan dalam upaya evakuasi.
            Selanjutnya, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba simulasi pesawat Garuda Indonesia. Kami dibagi 5 kelompok untuk menikmati wahana ini selama 6 menit. Pada saat Dreamland mencoba, pesawat Garuda Indonesia yang dikemudikan malah terbentur pagar dan langsung berakhir. Memang sulit sekali menjadi pilot ternyata. Maka dari itu, Dreamland angkat topi untuk para pilot yang handal mengendalikan pesawat saat Dreamland melakukan perjalanan.
            Kami semua pun langsung menuju destinasi selanjutnya, yakni tempat kami bermalam hingga hari terakhir KEM 2012, yakni LPMP (Lembaga Pengawasan Mutu Pendidikan) yang ada di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kemacetan lalu lintas Jakarta lagi-lagi membuat kami harus menahan kesabaran karena membuat perjalanan kami menjadi sangat lama. Kami pun tertidur dan akhirnya tiba juga di LPMP dengan tubuh yang sangat lelah.
            Kami mendapat pembagian kamar yang berisi 4 orang setiap kamarnya. Saya mendapat rekan sekamar, yakni Moses, Azhar, dan Michael. Malamnya, kami berkumpul langsung di ruangan khusus untuk mendiskusikan alur KEM selanjutnya. Kami ternyata akan dibagi ke dalam 6 tim, di mana setiap tim bisa berisi 4 atau 5 orang untuk persiapan proyek. Proyek ini memiliki bobot 30% dari penilaian akhir dan akan sangat menentukkan siapa yang akan menjadi pemenang KEM Menjadi Indonesia 2012 ini.
            Dreamland pun langsung terpikir untuk membentuk kelompok dengan Dewi Kharisma Michellia, Satria Aditya, dan Elsa Restriana. Suasana kompetisi mulai terasa dan peserta mulai saling menjauh karena aroma persaingan mulai didengungkan. Ya, saatnya permainan sesungguhnya dimulai dan kita harus menghadapinya dengan bijak!
            Senang rasanya melihat Garuda Indonesia dan merasakan experience yang sesungguhnya!

Jakarta, 28 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.