Sunday, December 16, 2012

Day 6 : Saatnya Kita Menulis!

Dreamland Traveller


Day 6 : Saatnya Kita Menulis!
            Seperti biasa, Dreamland menyambut setiap hari dengan penuh semangat dan sukacita. Hari ini Dreamland akan diberikan sesi tulis menulis alias praktik jurnalistik. Acara dimulai dengan sesi “Mengapa Kita Menulis?” dari Amarzan Loebis selaku wartawan senior Tempo. Beliau menceritakan pengalaman menulisnya yang sangat banyak dan alasan dibaliknya. Sangat menarik mempelajari alasan menulis langsung dari redaktur senior Tempo.


            Kemudian sesi dilanjutkan dengan sesi “Menetapkan Angle, Membuat Outline, dan Penggalian Bahan” yang dibawakan M Taufiqurohman. Kami diajarkan bagaimana mengangkat sebuah sudut pandang baru dari hal yang kami temui sehari-hari. Dengan teknik analisa, wawancara, reportase, dan riset, Dreamland mendapatkan pengetahuan baru untuk membuat esai yang memiliki pemaknaan dalam.


            Selanjutnya, setelah makan siang, kami pun diminta melakukan praktik jurnalistik. Kami dibagi dalam 5 kelompok yang mengunjungi 5 tempat yang berbeda. Setelah kami melakukan observasi, kami pun langsung menuangkannya dalam bentuk tulisan. Dalam jangka waktu yang terbatas, kami harus melahirkan tulisan yang berbobot. Setelah itu, kami pun mengikuti sesi selanjutnya, yakni “Evaluasi Praktik Jurnalistik” yang dibawakan Widiarsi Agustina atau dikenal dengan panggilan Mbak Niniel.


            Dengan gaya kritikus handal, Mbak Niniel membuat peserta yang berdiri di depan mempresentasikan tulisannya mati kutu. Untungnya Dreamland tidak mendapat bagian presentasi kali itu, sehingga tidak perlu dibombardir dengan kata-kata Mbak Niniel. Kegiatan hari ini pun berakhir dengan cepat.




            Senang rasanya bisa mendapatkan materi jurnalistik, sekaligus langsung mempraktikannya di lapangan.

Bogor, 25 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

~ oOo ~ 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.