Sunday, December 16, 2012

Day 2 : Who Am I?

Dreamland Traveller


Day 2 : Who Am I?
            Tak terasa KEM 2012 sudah memasuki hari kedua. Dreamland memulai kegiatan hari ini pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan sistematika pembuatan kontrak belajar. Di sini semua peserta diajak terlibat aktif dalam pembuatan peraturan, ketetapan, dan sanksi yang didapatkan sesama peserta jika kedapatan melakukan sebuah pelanggaran. Suasana kritis dan seru mulai terlihat tatkala peraturan demi peraturan mendapat tanggapan yang beragam dari 27 peserta yang ada.

            Setelah itu, Dreamland pun diajak berkenalan dengan sesama peserta lainnya. Sangat menarik memang karena terdapat peserta dari 2 ujung timur dan barat Indonesia, yakni Firdaus dari Aceh dan Agustinus Lonis dari Papua. Suasana pun terasa cair tatkala semua peserta sudah berkenalan satu dengan yang lainnya. 

            Acara pun dilanjutkan dengan sesi Pembelajaran Orang Dewasa, di mana kami semua diminta terlibat aktif dalam proses pembelajarannya. Kami tidak disuapi untuk mengadopsi dogma-dogma tertentu, melainkan diberikan pilihan untuk menerima atau justru menolak hal yang sedang disampaikan oleh pemateri di hari-hari berikutnya. 

            Selanjutnya, Dreamland dan teman-teman diajak untuk mengikuti tes pengenalan diri. Tes ini layaknya psikotes dan mengandung ilmu grafologi. Sangat menarik sekali mengikuti tes ini karena penuh dengan misteri dan membuat penasaran seperti apa karakter kita sesungguhnya.
Acara pun diselingi dengan snack dan makan siang. Selanjutnya, Dreamland kembali mendapatkan sesi pengenalan diri hingga akhirnya malam menjelang.

            Berhubung Ibu Mardiyah Chamim selaku ketua panitia baru bisa hadir pada malam hari, maka pembukaan resmi KEM 2012 baru dilakukan sore menjelang malam hari. Beliau berpesan agar peserta dapat mengikuti KEM dengan santai, namun menyerap ilmu yang diberikan.

            Dreamland pun diperkenalkan dengan tahap sharing dan refleksi. Peserta diminta menceritakan perasaan mereka menjalani sesi setiap harinya dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Dreamland sangat menikmati proses ini.

            Acara hari ini pun usai. Dreamland pun kembali ke kamar nomor 2 di Wisma Tempo Sirnagalih dan menantikan tantangan yang mungkin dihadapi di hari selanjutnya.

Bogor, 21 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.