Sunday, December 16, 2012

Day 7 : Menjadi Asertif

Dreamland Traveller


Day 7 : Menjadi Asertif
            Dreamland pun mengawali kegiatan ini dengan penuh ucapan syukur karena telah melalui rangkaian KEM 2012 selama seminggu penuh dengan baik. Kegiatan hari ini pun langsung dimulai dengan penuh dinamika. Pagi hari, sesi dimulai dengan sesi presentasi semua peserta yang belum melakukan presentasi. Kami mengamati, memberi komentar, dan mengkritisi konten yang diangkat dalam tulisan peserta KEM 2012 lainnya.

            Selanjutnya, setelah makan siang, kami mendapat tugas baru, yakni kami harus mengomentari tulisan peserta lainnya dan memberikan masukan secara asertif tentang apa yang menjadi kekurangan tulisan tersebut. Kami mendapat giliran 2 kali tampil, yakni sebagai pemilik naskah dan sebagai pemberi komentar. Dreamland pun melakukan dinamika ini dengan sebaik-baiknya. Menjadi asertif ternyata tidaklah mudah. Dibutuhkan pemahaman dan keberanian untuk mengungkapkan kebenaran dengan cara yang tepat.

            Setelah semua peserta melakukan tugasnya dengan baik. Kami pun menutup bagian pertama KEM 2012 dengan mendengarkan pengalaman dari mentor, panitia, dan Bu Mardiyah selaku ketua penyelenggara KEM. 
            Esok kami akan berpindah tempat dari Wisma Tempo Sirnagalih menuju tempat yang tidak kami ketahui dan tentunya kami menanti semua kejutan yang ada dengan penuh semangat. Senang rasanya bisa melalui seminggu penuh acara ini dengan baik dan menutupnya dengan sesi Menjadi Asertif!

Bogor, 26 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.