Sunday, December 16, 2012

Day 5 : Berani Menjadi Diri Sendiri

Dreamland Traveller


Day 5 : Berani Menjadi Diri Sendiri
            Waktu berlalu begitu cepat hingga menghantarkan Dreamland ke hari kelima rangkaian KEM 2012. Dreamland pun bersiap-siap seperti biasa untuk mempersiapkan diri mengikuti sesi. Sesi hari ini diawali dengan dinamika kelompok. Kami diminta untuk mendefinisikan apa itu pemimpin, apa itu kepemimpinan, dan apa perbedaannya dengan ketua? Dengan penuh semangat dan argumentasi yang kuat, kami semua berdiskusi untuk menentukkan apa arti pemimpin sesungguhnya.

            Di atas kertas yang besar, kami menggambar mindmap tentang apa itu pemimpin. Kami juga diminta melengkapi definisi pemimpin yang dikemukakan kelompok lain. Sungguh sebuah sesi yang sangat menarik. Kami juga diajarkan cara untuk bermain tepuk Filipina. Di sini kami diajak bertepuk dari Beat 1 – 10 dengan gaya tepukan yang berbeda. Kami sangat senang mempraktikkan tepuk Filipina ini.
            Selanjutnya sesi yang agak mendebarkan dimulai. Panitia memutuskan untuk membagikan esai kami dan meminta kami mempresentasikan ke depan. Dengan nomor undian yang ada, kami diminta berbicara di depan semua audiens yang ada. Dreamland berharap-harap cemas agar tidak mendapat giliran presentasi, namun tampaknya harapan itu berkehendak lain. Dreamland pun kebagian maju di urutan ke sekian untuk mengkomunikasikan esai yang sudah ditulis.

            Dengan grogi dan takut, Dreamland mulai menceritakan pengalaman hidup Dreamland. Dengan tenang dan intonasi yang rendah, Dreamland berusaha membawa pendengar masuk ke dalam cerita Dreamland. Alhasil dalam 3 menit waktu yang diberikan panitia, Dreamland ternyata berhasil membuat 2 orang peserta hampir menangis. Mereka mengaku merasakan apa yang Dreamland rasakan dan mau merangkul sebagai seorang teman.
            Banyak komentar positif yang Dreamland dapatkan, tapi ada juga beberapa hal yang dikritik dari penampilan Dreamland. Tentunya semua masukan yang didapatkan akan menjadikan Dreamland lebih baik dari sebelumnya. Dreamland senang jika cerita yang disampaikan mampu menginspirasi dan mendorong semua peserta untuk tidak takut menjadi dirinya sendiri. Kita harus bangga terhadap diri kita sendiri apa adanya.
            Selanjutnya Dreamland mendapatkan sesi dari Ahmad Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna. Meskipun Dreamland tidak pernah membaca karya beliau, namun Dreamland menangkap sebuah semangat yang luar biasa dari seorang Ahmad Fuadi. Beliau mampu keliling dunia dari modal menulis saja. Betapa hebatnya kesuksesan seorang Ahmad Fuadi yang saya harap bisa menular juga pada Dreamland.
            Senang rasanya menghabiskan hari ini dengan sharing dan refleksi. Pelajaran terpenting yang Dreamland dapatkan hari ini adalah jangan takut menjadi diri sendiri. Yakinlah bahwa ada kemampuan khusus yang Tuhan berikan pada setiap kita asalkan kita percaya bahwa diri kita sendiri mampu melakukannya.

Bogor, 24 November 2012

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 bertema “Menggali Gagasan Kepemimpinan dan Patriotisme Kaum Muda”
- Kemah Menjadi Indonesia 2012 diselenggarakan oleh Tempo Institute yang disponsori oleh Garuda Indonesia dan General Electric (GE)
- Peserta KEM 2012 adalah 30 penulis esai terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh juri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

~ oOo ~ 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.